Masjid Hagia Sophia di Turki

Masjid Hagia Sophia ini berada di Sultan Ahmet Mahallesi, Istanbul, Turki. Hagia Sophia ini umum dimaksud dengan Aya Sofia yang telah berusia tua yaitu 5 abad dan memiliki histori yang panjang. Untuk bangunan Hagia Sophia ini yaitu bangunan yang miliki nilai histori yang begitu tinggi serta keagungan dari bangunannya juga memukau.

Histori Masjid Hagia Sophia

Nama dari bangunan Hagia Sophia ini begitu identik dengan nama satu kota di Istanbul, Turki. Pada sekarang ini bangunan Hagia Sophia dipakai untuk museum, pada awalnya bangunan ini digunakan jadi museum pada th. 1935. Terlebih dulu bangunan Hagia Sophia ini yaitu satu gereja besar yang dibangun oleh bangsa romawi timur. Bangunan dari Hagia Sophia ini adalah satusalah satu bangunan yang jadi saksi dari jatuhnya konstantinopel, dulunya bangunan ini yaitu suatu gereja. Hagia Sophia atau orang turki umumnya mengatakannya dengan ayasofya, Saat sebelum didirikannya Hagia Sophia ini, dulunya yaitu satu bangunan yang bernama Megalo Ekklesia, tetapi bangunan itu kebakaran serta dari itulah mulai membuat Hagia Sophia ini. Nama Hagia Sophia ini mempunyai satu makna yaitu kebijakan suci, Pembangunan Hagia Sophia ini pertama kalinya digunakan jadi suatu gereja setelah konstantiniopel runtuh bangunan Hagia Sophia dialih peranankan untuk bangunan masjid di th. 1453. Kemudian pada th. 1990 an bangunan ini dialih perankan jadi suatu museum oleh pemerintah turki.

Arsitektur Masjid Hagia Sophia

Walau bangunan ini telah dipakai untuk masjid namun arsitektur dan interior dari bangunan ini masih tetap dipertahankan, untuk penambahan ornament pada bangunan ini cuma suatu mimbar dan kaligrafi. Bangunan Hagia Sophia ini mempunyai 2 lantai yang mana lantai dasar dulunya digunakan untuk melaksanakan ibadah untuk ornament pada dinding di lantai dasar ini ada satu gambar yesus yang berdampingan dengan kaligrafi yang berlafadzkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, sedang lantai 2 ada lorong lorong yang bisa dibuka, diluar itu juga ada satu galeri yang ada gambar bunda maria, gambar Nabi isa, dan gambar kaisar Constantine bersama istrinya. Pada th. 1739 dikerjakan pembangunan tempat untuk berwudhu, tempat untuk pengajaran al- qur’an, dan perpustakaan serta dapur. Diluar itu juga Sultan Muhammad II menambahkan satu menara yang awalnya terbuat dari kayu lalu dirubah dengan menara dari batu. Sultan Muhammad II juga memberikan gedung madrasah dan gedung untuk pengelolaan wakaf. Sebagian perbaikan juga dikerjakan untuk menguatkan bangunan kubah, pilar pilar dan membuat revisi satu dekorasi interior dan dekorasi eksterior. Tetapi pada sekarang ini bangunan dari Hagia Sophia ini telah digunakan jadi satu museum yang mana telah tak ada orang muslim yang melaksanakan ibadah didalam bangunan ini, walau telah digunakan museum namun umat muslimin juga akan masih mengenang kembali suatu kegemilangan dalam sebuah sejarah islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *